Senin, 26 Maret 2012

Days of Islamic Economi Revival "DINAR" 2012


Sesuai dengan hasil KTT Asean ke-18 di Jakarta maka pada tahun 2015 akan terbentuk Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). AEC (ASEAN Economic Community) terdiri dalam empat bagian sebagai berikut:
  • Untuk menciptakan pasar tunggal dan basis produksi, ditandai dengan aliran bebas barang, jasa, investasi dan tenaga kerja terampil, serta aliran modal lebih bebas.
  • Untuk mengembangkan wilayah yang kompetitif; ditandai dengan pelaksanaan kebijakan persaingan, perlindungan konsumen, perlindungan hak milik intelektual hak, pembangunan infrastruktur, kompetisi sektoral.
  • Untuk mencapai pembangunan ekonomi yang adil; dicirikan oleh UKM (kecil, menengah) pengembangan, peningkatan inisiatif untuk integrasi ASEAN.
  • Untuk mengamankan integrasi ke dalam ekonomi global, dengan sentralitas ASEAN dan partisipasi dalam regional (Asia) dan jaringan global.
Ekonomi Syariah menggunakan kaidah syariah hukum Islam. Keuangan ini melarang adanya bunga dalam kegiatan keuangan dan menjunjung tinggi kesepakatan dengan orientasi pada asset yang berwujud. Ia melarang spekulasi dan terdapat pembagian risiko yang jelas antara kedua belah pihak yang bertransaksi. Namun, perkembangan ini masih berjalan di setiap negera masing-masing di kawasan Asean, maka perkembangan ini harus di upgrade Mensinergikan Bisnis Islam dan Keuangan Islam untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

Maka STEI Tazkia sebagai Leading Institution in Islamic Economic , yang focus pada pemberdayaan Islamic Economic human resources mengundang seluruh lapisan masyarakat Asean untuk berpartisipasi dalam sebuah kegiatan bertajuk DINAR  (Days of Islamic Economic Revival).

Eksekutif (BEM), KSEI Progres dan LDK Al-Iqtishad akan mengadakan berbagai macam kegiatan sosio-ilmiah dalam rentetan acara DINAR: Days of Islamic Economic Revival 2012” dengan tema besar “Synergyzing of Islamic Business and finance to Face Asean Economic Challenges”.

TEMA KEGIATAN
“Synergyzing of Islamic Business and finance to Face Asean Economic Challenges”.

TUJUAN KEGIATAN
  1. Menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam.
  2. Menciptakan tradisi Ilmiah yang kreatif dan berkualitas dikalangan pelajar, mahasiswa dan stakeholder Ekonomi Islam di Kawasan ASEAN.
  3. Memperbesar awareness masyarakat di Sentul City khususnya dan Indonesia pada umumnya sebagai kawasan elit dan multikultural dalam hal pengembangan Ekonomi Islam.
  4. Memperkuat silaturahmi dikalangan pelajar, mahasiswa dan stakeholder Ekonomi Islam agar terbentuk sinergi yang kokoh dalam membangun peradaban ekonomi Islam di Indonesia.
  5. Terbentuknya Forum Mahasiswa Ekonomi Islam ASEAN

PENYELENGGARA KEGIATAN
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa STEI TAZKIA; Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) PROGRES, LDK (Lembaga Dakwah Kampus) Al Iqtishod, Organisasi mahasiswa Program Studi Stei Tazkia, yang terdiri dari : Hammas (Himpunan Mahasiswa Akuntansi Syariah), Himmah (Himpunan Mahasiswa Manajemen Syariah), T-Smart.

PESERTA KEGIATAN
  1. Birokrat Pemerintah, terutama para Stakeholder Ekonomi Islam di Asean.
  2. Civitas Akademika PTN dan PTS Se-ASEAN.
  3. Para Pengamat, pakar, dan pemerhati masalah ekonomi.
  4. Para Praktisi/Pelaku usaha dan bisnis di ASEAN
  5. Anggota FoSSEI (Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam) di Jabodetabek (Khususnya) dan 120 KSEI yang tersebar di seluruh Indonesia (umumnya).
  6. Pelajar SMA atau sederajat
  7. Ulama dan masyarakat Umum

WAKTU KEGIATAN
Hari/Tanggal : Jum’at-Ahad, 11-13 Mei 2012
Waktu              : 08.00 Sampai Selesai

TEMPAT KEGIATAN
Rangkaian Kegiatan DINAR, Insya Allah akan dilaksanakan di Kawasan Andalusia Islamic Centre dan STEI TAZKIA, Sentul City, Bogor, Indonesia

AGENDA KEGIATAN
Pada DINAR 2012 ini, akan diadakan berbagai macam acara menarik mulai dari tanggal  11-13 Mei 2012. Apa saja acaranya? Check this out !
  1. Business Plan Competition
  2. Certification of Islamic Economic Teacher
  3. International seminar
  4. Islamic Economic Paper and Essay Competition
  5. Debate Competition
  6. Qur’an Memorizing Competitin/Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ)
  7. Tabligh akbar
  8. Tazkia Book fair & Bazzar (TAKBIR)
  9. Islamic Business Photography Competition
  10. Social Activity
Semoga dengan adanya kegiatan ini kegiatan dakwah Ekonomi Islam menjadi lebih menarik dan menyentuh banyak lapisan masyarakat.


Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia Top  blogs Academics blogs blog directory
academics blogs free search engine submission Direktori Indonesia - Indonesian free listing directory, SEO friendly free link directory, a comprehensive directory of Indonesian website.

Free SEO Tools

Diberdayakan oleh Blogger.